Jangan Cemas, Begini Cara Menghadapi Anak yang Pilih-Pilih Makanan

Jangan Cemas, Begini Cara Menghadapi Anak yang Pilih-Pilih Makanan

Terkadang kita sering jengkel ketika anak pilih-pilih makanan. Anak dengan kondisi seperti ini biasanya akan kekurangan gizi. Maka dari itu, orang tua harus bisa mengatasi masalah ini. Berikut ini cara menghadapi anak yang pilih-pilih makanan.

  1. Ciptakan Waktu Makan yang Menyenangkan

Suasana makan yang menyenangkan dapat ibu ciptakan dengan cara menyajikan makanan dengan bentuk dan tampilan penyajian yang menarik bagi anak. Sebaiknya hindari pemberian gadget atau makan sambil menonton televisi dan hal lainnya yang bisa mengalihkan perhatian anak terhadap makanan.

Ibu perlu sesekali mengajak anak bicara tentang kegiatan dan aktivitas anak serta membagikan cerita pengalaman ibu kepada anak untuk menciptakan suasana makan yang menyenangkan.  Suasana makan yang menyenangkan dapat meningkatkan perhatian anak untuk tertuju pada makanan, menjadikan anak selalu menunggu waktu makan tiba.

  1. Memperkenalkan Jenis Makanan Baru Secara Bertahap

Anak yang pilih-pilih makanan biasanya disebabkan karena anak belum terlalu banyak mengenal aneka jenis makanan. Ibu dapat memperkenalkan berbagai jenis makanan baru secara bertahap sesuai usia anak. Sajikan makanan dalam porsi kecil terlebih dahulu, lalu bertahap kepada porsi yang lebih besar.

Ibu juga perlu memperbaiki kandungan gizi pada jenis makanan yang disukai anak. Sebagai contoh apabila anak menyukai pizza ibu dapat menambahkan variasi sayuran dan potongan buah untuk memperbaiki kandungan gizinya. Jika anak menyukai pasta ibu dapat menambahkan variasi sayuran agar kadar gizi pada makanan yang disukai anak meningkat.

  1. Buat Suasana Makan yang Nyaman

Mengajak makan anak yang pilih-pilih makanan terkadang memang menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua. Maka dari itu, buatlah suasana makan menjadi menyenangkan dengan cara menyajikan makanan dengan kotak makanan yang lucu. Anda juga bisa berkreasi membuat makanan yang menarik agar anak semakin tertarik untuk mencobanya.

  1. Buatlah Jadwal Makan

Jangan membuat anak Anda makan setiap waktu. Anda perlu membuat jadwal untuk anak saat akan makan makanan ringan dan makanan utama secara rutin setiap harinya. Tak hanya itu saja. Anda juga harus membiasakan anak dengan pola makan agar anak akan makan saat saat jam makan tiba.

Namun, dalam melakukan hal ini Anda perlu bersabar. Tidak semua anak akan cepat menerapkan jadwal makan hal ini karena setiap anak membutuhkan waktu yang berbeda satu dengan yang lainnya. Maka dari itu, Anda juga perlu bersabar untuk menerapkan jadwal makan anak.

  1. Jangan Memaksa Anak Makan Jika Tidak Lapar

Sebagian orang tua terkadang tidak sabar saat menunggu anaknya untuk menghabiskan makanan, apalagi saat anak sedang tidak lapar. Untuk itu. jangan memaksa anak untuk makan saat ia tidak merasa lapar dan tidak ingin makan karena hanya akan membuat Anda mudah kesal.

Anda bisa memberikan makanan kepada anak saat ia terlihat lapar. Berikan porsi kecil dahulu dan biarkan ia menghabiskannya. Jika terlihat masih lapar Anda bisa menambahkan porsi makan kepada anak sedikit lagi.

Itulah beberapa cara menghadapi anak yang pilih-pilih makanan. Anda harus bersabar dan jangan putus asa untuk melakukan cara tersebut agar anak mau makan dan mendapatkan gizi yang seimbang. Jika masalah ini mulai mengganggu segera konsultasi kepada dokter.

shares