7 Permainan Anak Laki-Laki Edukatif untuk Pengembangan Diri

Permainan Anak Laki-Laki Edukatif untuk Pengembangan Diri

Sebagai orang tua, sudah seharusnya Anda selektif dalam memilih mainan untuk anak. Meskipun sekarang sudah zaman modern, batasi game online dan berikan permainan edukatif. Terlebih untuk anak laki-laki, berikan permainan anak laki-laki yang edukatif dan menarik. Cara ini dilakukan agar kemampuan berpikirnya terasah. Inilah rekomendasi permainan untuk pengembangan diri.

  1. Permainan Huruf dan Angka

Pengenalan huruf dan angka kepada si kecil memang harus dilakukan sejak dini. Anda dapat memberikan miniatur huruf dan angka yang beraneka warna kepada si kecil agar ia mulai mengerti dan menghafal huruf dan angka. Kegiatan bermain sambil belajar ini akan berjalan lancar dengan hasil si kecil sudah mampu menyebut huruf, angka, dan berbonus mampu mengenal warna.

Anak laki-laki pun bisa tertarik dengan permainan ini karena merupakan mainan edukatif. Anda bisa mengajari si kecil dengan sabar dan kreatif. Buatlah permainan sederhana dalam upaya mengenalkan huruf, angka, dan warna tersebut. Pasti si kecil akan tertarik terus bermain.

  1. Lego City

Permainan berikutnya yang menarik untuk anak laki-laki adalah Lego City. Permainan ini sangat menarik untuk anak laki-laki karena merupakan mainan bongkar pasang menantang. Berbagai bagian lego ini dapat disusun menjadi sebuah bangunan konstruksi bersama dengan pekerjanya. Ada pula permainan lego yang disusun menjadi sebuah kereta api beserta penumpangnya.

Dengan permainan lego yang menarik ini, diharapkan si kecil akan mampu mengembangkan kreativitas sekaligus imajinasinya untuk merakit brick set tersebut. Si kecil dapat mengikuti panduan gambar yang tersedia. Seiring bertambah kreativitasnya, ia bisa membentuk benda lain sesuai imajinasinya.

  1. Train Force

Train Force adalah salah satu mainan menarik untuk anak laki-laki. Permainan kereta ini terbuat dari bahan plastik yang dilengkapi efek suara seperti kereta sungguhan. Untuk menyalakan lampu kereta, dibutuhkan baterai AA sejumlah 3 buah. Anda bisa membelikan mainan kereta api ini agar si kecil mampu mengenal kendaraan dan bisa bermain peran menjalankan kereta tersebut.

  1. Robot Transformer

Permainan berikutnya yang direkomendasikan adalah robot transformer yang bisa berubah dari robot menjadi sebuah mobil. Mainan ini mirip seperti di film Transformer. Tentu saja mainan ini sangat menarik, bukan? Anak laki-laki akan sangat antusias memainkan permainan identiknya ini.

  1. Puzzle

Bermain puzzle memang membutuhkan kreativitas dan kecerdasan dalam menemukan potongan-potongan gambar yang terpisah. Si kecil akan tertantang untuk memainkan puzzle ini sampai terbentuk gambarnya. Antusias si kecil dalam menyusunnya akan mengasah kemampuan otaknya.

Untuk anak laki-laki, Anda bisa membelikan puzzle dengan gambar yang disukai laki-laki yaitu kendaraan, hewan, atau bisa juga yang netral seperti pemandangan alam, buah-buahan, juga sayur. Anda bisa bermain bersama si kecil untuk memecahkan pola puzzle yang misterius.

  1. Electronic Organ

Mengenalkan si kecil dengan dunia musik bisa dilakukan untuk mengasah kemampuan otak kanannya. Dalam hal seni, musik tidak hanya bisa melatih kemampuan bernyanyi dan bermain saja, namun dapat sebagai sarana hiburan. Anda bisa membelikan si kecil alat musik berupa piano kecil yang dinamakan electronic organ.

  1. Scooter

Permainan berikutnya yang menarik untuk anak laki-laki adalah scooter. Anda bisa memberikannya untuk melatih kemampuan motorik anak, terlebih dalam melatih keseimbangan. Berkendara dengan scooter ini akan membangun koordinasi gerak si kecil.

Mendampingi anak dalam setiap tumbuh kembangnya merupakan suatu kewajiban orang tua. Memberikan permainan yang sesuai juga menjadi sarana tepat untuk menunjang kemampuan anak. Berbagai permainan anak laki-laki di atas sangat membantu mengoptimalkan berbagai kemampuannya, baik dari segi motorik, intelektual, ataupun mentalnya. Selamat mencoba!

shares